Ada Metaverse dan Influencer, Simak 4 Tren Digital Marketing Tahun 2022

Seiring pergantian tahun, tren digital marketing pun mengalami perubahan. Terlebih adanya inovasi dan kecanggihan baru di dunia digital, contohnya yang baru baru ini populer adalah Metaverse. Diprediksi, Metaverse akan menjadi salah satu dari tren digital marketing 2022.

Alhasil, para digital marketer pun harus menyesuaikan strategi pemasarannya sesuai dengan perkembangan tren. Maka untuk mengawalinya, simak berikut ini telah merangkum tren digital marketing 2022, melansir dari ! Tren pemasaran digital dengan menggunakan jasa influencer ternyata masih akan jadi teknik umum di tahun 2022.

Tapi tentunya pebisnis perlu memilih influencer yang tepat agar benar benar dapat menarik pelanggan membeli produk. Jumlah pengikut sang influencer di media sosial belum tentu bisa menjadi indikator untuk memilih. Maka, sebaiknya laukkan studi kasus terlebih dulu dengan meminta influencer mempresentasikan sesuatu sebelum membuat keputusan.

Tak dapat dimungkiri, Metaverse adalah tempat bisnis masa depan di mana pengusaha bisa memasarkan produk mereka secara virtual. Pebisnis dan orang yang bekerja di bidang pemasaran wajib mulai menggunakan Metaverse. Mereka harus mulai memahami dunia virtual dan apa saja peran yang bisa dilakukan di dalamnya.

Mereka juga perlu mempertimbangkan bagaimana mengintegrasikan realitas virtual dengan pengalaman fisik. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan lebih banyak pilihan di mana mereka bisa merasakan pengalaman menggunakan sebuah brand. Bahkan, di dunia virtual, pebisnis pun bisa mengeluarkan produk baru dalam bentuk NFT yang dapat dinikmati pelanggan.

Menghabiskan sebagian anggaran dan memanfaatkan semua saluran pemasaran yang tepat tidak selalu menjamin kesuksesan. Semuanya tetap akan bergantung pada konten apa yang kamu tawarkan kepada pelanggan. Apakah di dalam konten berisi cerita dan misi produk, serta bisa membantu pelanggan mencapai tujuan mereka atau tidak.

Untuk menciptakan konten menarik itulah diperlukan tujuan bisnis yang tepat. Usahakan agar tujuan bisnismu adalah untuk membantu membuat hidup pelanggan lebih mudah. Tren digital marketing 2022 tidak bisa dipisahkan dari konten video jika ingin memasarkan produk secara lebih efektif.

Videodianggap telah menjadi cara strategis untuk menjangkau pelanggan di media sosial, mulai dari Instagram hingga TikTok. Alih alih keterangan dalam deskripsi, pengguna media sosial lebih suka melihat konten foto maupun video. Dalam hal ini, video lebih bisa mendeskripsikan banyak hal ketimbang sekadar foto atau gambar.

Oleh karenanya, buatlah konten video yang menarik dan unggah di berbagai platform media sosial untuk menjangkau pelanggan. Kiranya, itulah beberapa tren digital marketing 2022 yang mesti kamu kembangkan sebagai pengusaha. Dengan begitu, bisnismu akan semakin maju dan produkmu sukses di pasaran. Selamat mencoba! (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.