PROFIL Mbah Minto Semasa Hidup, Jadi Terkenal Berkat Video Gagal Mudik Bersama YouTuber Ucup Klaten

Minto Suwito Siyam atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Minto meninggal dunia pada Rabu (22/12/2021) malam. Mbah Minto adalah sosok nenek kekinian yang terkenal berkat video 'Gagal Mudik' bersama YouTuber Ucup Klaten. Kabar duka dari Mbah Minto ini pun meninggalkan rasa duka bagi banyak warganet, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Bahkan Ganjar Pranowo mengungkapkan rasa dukanya atas meninggalnya Mbah Minto melalui akun Twitter resminya @ganjarpranowo. Diketahui Mbah Minto meninggal di usia 85 tahun di Rumah Sakit Islam Klaten. Rencananya, Mbah minto akan dimakamkan di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, pada hari ini Kamis (23/12/2021) siang.

Lantas siapakah sebenarnya Mbah Minto ini? Mbah Minto adalah seorang nenek berusia 85 tahun yang mendadak menjadi viral berkat videonya bersama YouTuber Ucup Klaten. Pada saat itu Mbah Minto bersama Ucup membuat video tentang 'Gagal Mudik.'

Video tersebut pun diikutkan dalam lomba imbauan pencegahan Covid 19 yang diadakan Polres Klaten. Diketahui dalam video tersebut diceritakan tentang kisah seorang anak yang ingin pulang kampung karena rindu dengan ibunya. Dalam video diperlihatkan juga saat anak tersebut kemudian menelepon ibunya untuk menceritakan niatnya.

“Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus,” ujar Mbah Minto dalam bahasa Jawa. Arti perkataannya itu, “Jangan mudik, Nak. Di sana saja. Baru musim virus". Berkat viralnya video tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut merespons video karya Mbah Minto dan Ucup.

Bahkan Ganjar juga menyempatkan diri untuk berkomunikasi langsung dengan Mbah Minto lewat Live Instagram. Ganjar juga memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada Mbah Minto sebesar Rp 1 juta. Hingga kini sudah ratusan video yang telah dibuat Ucup bersama Mbah Minto.

Mayoritas video yang dibuat Ucup bersama Mbah Minto adalah video dagelan Jowo. Tingkah laku dan kelucuan Mbah Minto ini pun membuat warganet terhibur. Pasalnya meski di usia senja, Mbah Minto bisa tetap tampil kekinian bersama Ucup.

Dilansir , Mbah Minto semasa hidupnya tinggal seorang diri. Mbah Minto memiliki empat orang anak, 15 cucu, dan empat buyut. Namun demikian, semua anaknya merantau, sehingga ia hanya sendirian di rumah. Mbah Minto juga merupakan tetangga Ucup yang tinggal di dekat rumahnya, di Klaten Jawa Tengah.

Ucup mengungkapkan bahwa Mbah Minto tidak bisa membaca teks tertulis. Sehingga ketika membuat video Mbah Minto hanya menunggu dikte dan menirukan apa yang dikatakan oleh Ucup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *